Sabtu, 18 Juli 2015

HTML - Part 4 - List HTML Unorder List dan Order List

List HTML
        List Merupakan bentuk umum yang biasa kita gunakan untuk membuat daftar sesuatu, misalnya jenis - jenis list dalam HTML. dan kadang juga dapat digunakan dalam pembuatan menu dropdown.

  • list dengan nomor
  • list tampa nomor
Defnisi List
         List dengan nomor adalah model daftar yang setiap itemnya diberi nomor. pada contoh list diatas merupakan contoh penggunaan list tanpa nomor.
          Selain list bernomor dan tanpa nomor, ada sebuah list lagi yang dapat digunakan untuk membuat list yang memberi uraian terhadap suatu item dalam daftar, disebut list definisi


ORDER LIST

       Ordered list / list bernomor secara umum dimulai dengan menggunakan 1,2,3 ..., dst sampai dengan sejumlah item dalam list tersebut. Tetapi, kita juga dapat meruah susunan nomor dalam OL (Order List ) dengan model angka yang lainnya, dengan mengisi atribut type pada tag <ol>.

contoh penggunaan Order List pada umumnya, silahkan buat coding seperti berikut :


dan hasil tampilan yg dijalankan browser :

contoh diatas msh menggunakan Order List default yg isinya angka 1,2,3.. dan Order List bisa menggunakan angka romawi, huruf kecil, huruf besar, secara urut, dengan menambahkan type pada dalam tag <OL> nya  berikut contohnya :


dan hasil tampilan yg dijalankan browser :



UNORDER LIST

      Unorder List sering disebut sebagai bulleted list, mempunyai bullet default berupah noktah. Tetapi, jenis bullet tersebut dapat diubah dengan menggunakan atribut type seperti pada ordered list. Berikut adalah daftar jenis bullet yang bisa digunakan untuk mengubah bullet default pada bulleted list.
  • Disc, bentuk noktah tetapi tidak diarsir ditengahnya
  • Square, bentuk kotak
Berikut contoh Unorder List :





dan hasil tampilan yg dijalankan browser :






dan selamat mencoba "Learning By Doing"

0 komentar:

Posting Komentar