Sabtu, 18 Juli 2015

PHP - Part 1 - Pengenalan PHP

Apa itu bahasa pemograman PHP ??
Php singkatan dari PHP : Hypertext Preprocessor

Php adalah bahasa pemograman  yang disisipkan  ke dalam script HTML dan  berjalan di sisi server atau SERVER SIDE, biasanya dipakai untuk membuat website agar lebih dinamis. selain itu menggunakan bahasa PHP kita bisa terhubung dengan database dan banyak lagi kegunaannya.

PHP merupakan server-side  scripting language, seperti ASP skrip PHP dieksekusi diserver, PHP mendukung banyak database (MySQL, Infornix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL,  Generic ODBC, dll), PHP merupakan perangkat lunak yg Open Source.

Sebelum itu untuk penggunaan pemograman PHP ini perlu menggunakan SERVER WEB biasanya menggunakan Apache Triad atau lebih lengkap bisa menggunakan XAMPP..

dan perlu diketahui lagi, untuk pemograman php ini hanya bisa dijalankan dengan menggunakan extention file .php dan dijalankan di dalam folder C://XAMPP/htdocs/folder_file_anda

dan juga untuk menjalankannya tidak bisa dengan cara mengklik 2x pada file .php, tapi dengan mengetikan url di browser anda :

contoh :
penempatan saat di folder "aku" dengan file "coba.php"

c://xampp/htdocs/aku/coba.php




Sekarang pada file coba buat codingan sederhana saja  seperti dibawah ini :



nah untuk PHP selalu menggunakan tag buka PHP ( <?php ) dan tag tutupnya ( ?> ), dan perintah untuk menampilkan dalam php menggunkan perintah echo atau print .



dan cobalah jalankan pada browser  dengan mengetikan di URL, jgn lupa pastikan program xampp untuk apache sudah aktif :

localhost/aku/coba.php

dan coba lihat hasilnya di browser anda



Selamat Datang di PHP Selamat Mencoba "Learning By Doing"

untuk mendownload xampp bisa klik disini untuk versi terbarunya >> download

0 komentar:

Posting Komentar